INFORMATION

Apa Itu Pallet EPAL?

March 09, 2023

Apa itu Pallet EPAL?

Pallet EPAL atau Euro Pallet adalah standard pallet yang digunakan dalam transportasi komoditi di Eropa. Proses transportasi komoditi menggunakan pallet EPAL di Eropa dilakukan dengan cara menukar ‘1 pallet dengan 1 pallet’ yang sama dalam program EPP (European Pallet Pool). Oleh karena itu, penggunaan pallet EPAL dapat digunakan berulang (reuse) cukup lama selama kondisi pallet masih layak.

EPAL Pallet yang paling banyak di gunakan di seluruh dunia adalah tipe EPAL Pallet (1) dengan dimensi 1200mm x 800mm x 144 mm, menggunakan paku khusus sejumlah 78 titik dengan pola yang sudah ditetapkan. Pembuatan pallet ini harus menggunakan kayu kering dengan kadar air kurang dari 22% untuk mengurangi resiko jamur. Treatment yang dapat dilakukan terhadap bahan kayu EPAL Pallet ada 2, yaitu HT (Heat Treatment) atau fumigasi Methyl Bromide. Namun ada beberapa negara seperti Jerman, yang tidak menerima pallet yang difumigasi menggunakan bahan kimia. Seluruh pembuatan EPAL pallet harus sesuai dengan regulasi teknis EPAL.

Dari proses pembuatan pallet ini, EPAL pallet terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya. Berkat ketahanannya EPAL pallet dapat dimuat hingga 1500 kg secara dinamis dan hingga 4000 kg secara statis. Angka -angka ini menjadikannya salah satu palet standar paling kuat dan menjamin distribusi dan transportasi yang aman untuk berbagai produk

Pentingnya Menggunakan EPAL

EPAL pallet diproduksi sesuai dengan peraturan kualitas yang ketat (standar UIC 435-2), dan secara berkala diperiksa oleh Badan Independen dari EPAL. Semua pallet yang memenuhi kriteria EPAL akan diautentikasi.

Tidak adanya stempel cek dan persetujuan dari Badan EPAL menandakan bahwa EPAL pallet tersebut palsu, dan dapat menimbulkan resiko kerusakan barang yang diangkut. Mengangkut barang atau komoditi dengan pallet yang tidak tersertifikasi oleh EPAL ke negara yang mengharuskan penggunaan EPAL pallet, dapat menyebabkan penolakan masuknya barang masuk ke negara tujuan, bahkan penalti/denda dari pihak berwenang.

Lihat katalog EPAL

Penggunaan pallet EPAL 1200 x 800

EPAL yang paling banyak digunakan adalah pallet EPAL 1200 x 800.

Spesifikasi dari palet ini adalah:

  • Panjang: 800 mm

  • Lebar: 1,200 mm

  • Tinggi: 144 mm

  • Berat: approx. 25 kg

  • Beban statis: 4000 kg

  • Beban dinamis: 1500 kg

Ada banyak keuntungan dari penggunaan pallet EPAL 1200 x 800 ini. Pallet ini dapat digunakan dalam berbagai sistem penyimpanan termasuk sistem gudang otomatis. Pallet EPAL ukuran ini juga dapat dipindahkan menggunakan berbagai jenis forklift. Selain itu, dimensi 1200 x 800 adalah kelipatan dari kotak plastik standar, yang membuatnya lebih mudah untuk mengelompokkan barang dan produk.

Dimana menemukan supplier pallet EPAL?

Safeway Pallet menyediakan EPAL Pallet yang tersertifikasi. Kami sudah menjadi penyedia EPAL Pallet secara resmi  dan sudah melakukan ekspor untuk EPAL Pallet ini ke manca negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Kami juga menyediakan pallet plastik, kertas dan ragam produk pendukung ekspor lainnya seperti airbag, krat kayu, pallet kertas, dan kotak kardus dengan kualitas terbaik. Kami telah dipercaya oleh berbagai industri besar di Indonesia

Untuk pemesanan, silakan hubungi kami di Whatsapp Bisnis 0811-8887-622 atau klik di sini.

 

EPAL Pallet